Hit the gas and there's ain't no brake on this lost highway . . . . .

Minggu, 13 Februari 2011

Sistem Ekonomi dan Macam - Macamnya

         Definisi sistem ekonomi menurut beberapa pakar ekonomi ialah :
  •  Menurut Dumairy (1966), Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, pandangan dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak.   Sumber : Sistem Ekonomi Indonesia, tulisan Galih Valentino, http://nstars.ce.ms/t3491-sistem-ekonomi-indonesia , 13 Februari 2011 12.43 WIB
  •  Menurut Sanusi (2000), sistem ekonomi merupakan suatu organisasi yang terdiri dari sejumlah lembaga/pranata (ekonomi, sosial dan ide) yang saling mempengaruhi yang ditujukan ke arah pemecahan masalah pokok setiap perekonomian... produksi, distribusi, konsumsi. Sumber : Sistem Ekonomi Indonesia, tulisan Cairudin, http://cairudin.blogspot.com/2010/12/sistem-ekonomi-indonesia.html , 13 Februari 2011 20.53  WIB
            Sistem ekonomi atau perekonomian pada suatu negara dapat berbeda – beda karena sistem perekonomian identik dengan ideologi , dan politik, baik politik luar negeri dan dalam negeri dari masing – masing negara.  Maka, tidak jarang pada satu negara pernah menggunakan berbagai  sistem ekonomi dalam sejarah negara tersebut. Indonesia sendiri dalam sejarahnya pernah melaksanakan berbagai macam sistem perekonomian, seperti pada masa pemerintahan Orde Lama dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno, dengan Demokrasi Terpimpinnya dan arah politik luar negerinya sangat condong kearah blok timur seperti Uni Soviet, membuat Indonesia turut melaksanakan sistem ekonomi Terpusat pada masa itu. Kemudian, pada masa Orde Baru, Indonesia juga melaksanakan sistem ekonmi liberal dan saat kini, Indonesia melaksanakan  sistem ekonomi campuran dari keduanya.
            Adapun macam dari sistem perekonomian di dunia ini ialah :
1.      Sistem Ekonomi Liberal atau Pasar Bebas
Sistem Perekonomian ini adalah sistem ekonomi yang mengaplikasikan teori dari Adam Smith, dimana Adam Smith beranggapan bahwa perekonomian dapat berjalan dengan baik apabila dijalankan oleh masyarakat atau swasta tanpa campu tangan lebih dari pemerintah. Masyarakat bebas menetukan kegiatan perekonomiannya, bahkan bebas menentukan dan memiliki sumber daya ekonominya. Namun,  pemerintah bukan tidak memiliki tugas , akan tetapi pemerintah memiliki tugas untuk tetap mengawasi saja jalan perekonomian ini.
Kelebihan dari sistem ekonomi liberal adalah :
·         Memacu perkembangan perekonomian dengan persainganyang ada
·         Meningkatkan kreativitas masyarakatnya untuk memajukan kegiatan usahanya
·         Masyarakat bebas menentukan dan memiliki sumberdaya ekonominya sehingga dapat maksimal dalam berusaha.
Kelemahannya adalah :
·         Sistem ekonomi ini sangatlah tidak stabil dan fluktuatif, seperti apa yang terjadi pada krisis Indonesia tahun1997 -1998.
·         Terbukanya peluang Monopoli dari pihak yang lebih kuat.
·         Rawan akan terjadinya eksploitasi pada sumber daya ekonomi, terlebih pada pekerja.
Negara – negara yang menggunakan sistem ekonomi ini adalah :
·         Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Jerman dan sebagian besar negara eropa lainnya.
2.      Sistem Ekonomi Terpusat
Berbeda dengan sistem ekonomi liberal yang sangat memberikan kebebasan kepada swasta dan masyarakatnya dalam menjalankan kegiatan perekonomiannya, pada sistem perekonomian ini, pemerintah berlaku sangat dominan dalam menentukan kegiatan perekonomian, bahkan pemerintah jualah yang bebas menentukan dan memiliki sumber daya ekonomi sehingga ruang gerak dari masyarakat sangat – sangat terbatas dipada sistem ini.
Kebaikan dari sistem perekonomian terpusat adalah :
·         Jika terjadi krisis pemerintah dapat segera mengendalikan krisis dengan kebijakannya
·         Karena pemerintah yang menentukan kegiatan perekonomian maka pemerintah juga mudah mengawasinya dan mengendalikan perekonomian
Kelemahannya adalah :
·         Kreativitas masyarakat atau swasta tidak berkembang karena semua sudah ditentukan oleh pemerintah pusat
·         Pemerintah bisa saja melakukan monopoli dalam pelakasanaan perekonomian ini.

Negara penganut sistem ekonomi ini biasanya berideologi sosialis komunis seperti China, Rusia ataupun Kuba. Meskipun masing – masing sudah mulai meninggalkan sistem ekonomi ini.

3.      Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi ini muncul oleh karena banyaknya kekurangan pada sistem ekonomi liberal dan juga terpusat. Sistem ekonomi campuran ialah sistem ekonomi yang memadukan kebaikan – kebaikan yang dimiliki oleh sistem ekonomi liberal dan terpusat serta berusaha meminimalisir kelemahan – kelemahan yang ada. Pada perekonomian campuran, kegiatan perekonomian dijalankan oleh masyarakat secara bebas , akan tetapi pada saat – saat tertentu pemerintah dapat memperlihatkan campur tangannya, seperti pada saat krisis, pemerintah dapat menentukan peraturan baru dan juga mengatur kebijakannya, baik kebijakan fiscal maupun moneter yang diperlukan saat itu.

Kebaikan sistem ekonomi campuran ialah :
·         Sumber daya ekonomi dapat ditentukan dan dimiliki oleh masyarakat dan swasta
·         Jika terjadi krisis perekonomian, pemerintah dapat mencampuri perekonomian agar keadaan kembali berjalan normal melalui kebijakan dan pereturen yang dibuatnya.
Kelemahannya adalah :
·         Adanya kesulitan dalam menentukan sektor ekonomi yang dapat dicampuri oleh pemerintah.

Negara yang menganut dan menjalankan sistem ekonomi campuran antara lain adalah :
·         Indonesia
·         Malaysia
·         Dan beberapa negara – negara berkembang lainnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar