Hit the gas and there's ain't no brake on this lost highway . . . . .

Sabtu, 22 Oktober 2011

Penyebab Kelangkaan dan Hal yang Diakomodir oleh Ekonomi

  • Apa yang menyebabkan adanya barang langka dan tidak langka dalam ekonomi?
Ø  Kelangkaan terhadap suatu barang sudahlah sangat sering terjadi didalam kehidupan sehari – hari. Kelangkaan menurut Sadono Soekirno terjadi karena disatu pihak, masyarakat selalu terdapat keinginannya untuk memenuhi semua kebutuhannya yang relatif berubah – ubah dan tidak terbatas , sedangkan sumber daya yang tersedia sangatlah terbatas. Karena tidak semua sumber daya yang tersedia di alam bebas, dapat lansung digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Di dunia ini, alam sudah begitu banyak sekali menyediakan sumber daya alam yang bisa saja digunakan manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya. Akan tetapi permasalahannya, tidaklah semua sumber daya alam tersebut yang telah disediakan sedemikian rupa oleh alam dapat langsung maunusia ambil dan gunakan. Oleh sebab itu, manusia dituntut melakukan usaha lebih untuk menemukannya, mengambilnya, merubah bentuknya sebelum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Barang yang dihasilkan oleh sumber daya yang memerlukan suatu pengorbanan untuk mendapatkannya hingga dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut barang ekonomis. Barang- barang ekonomis inilah yang sering menjadi barang-barang langka dalam perekonomian, dikarenakan banyaknya proses pengorbanan yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Contoh : Makanan, Sumber daya yang bisa digunakan untuk bahan baku makanan mugkin sangat banyak yang tersedia di alam, tapi tentu tidak bisa langsung kita ambil, kemudian dikonsumsi. Untuk menjadikan nasi misalnya, harus banyak sekali pengorbanan, seperti pengupasan kulit padi, penyaringan padi oleh petani, kemudian dijual oleh petani, belum lagi nanti proses hingga sampai kepada konsumen dan siap dikonsumsi. Oleh karena ketidak mudahannya ini, maka barang – barang ekonomis penyediannya kerap kali menghadapi kendala, sehingga terjadi kelangkaan.

Namun berbeda lagi dengan barang cuma – cuma, barang cuma – cuma tidak perlu melakukan berbagai usaha untuk menikmatinya, karena alam telah menyediakan sumber daya alam yang dapat langsung dinikmati, tanpa harus merubah bentuk atau melakukan usaha lebih dalam mendapatkannya. Barang- barang ini sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami kelangkaan, karena barang – barang seperti ini dapat kita gunakan kapanpun kita perlu dan selalu tersedia di alam ini. Contoh : udara dan sinar matahari.



  • Apa yang diakomodir oleh ekonomi ?
Ø Tiga hal yang diakomodir dalam perekonomian yakni Sumber daya, Kebutuhan serta Pengelolaan.  Sumber daya yang merupakan benda – benda yang tersedia oleh alam maupun diciptakan oleh manusiayang digunakan untuk menciptakan barang dan jasa sangat lah terbatas jumlahnya. Banyak sekali sumber daya yang tersedia di alam namun harus diolah dengan berbagai macam proses untuk dapat digunakan manusia. Untuk itu, ekonomilah yang mengakomodir sumber daya, untuk mencegah terjadinya kelangkaan sumber daya. Begitu juga didalam masalah kebutuhan, manusia selalu memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, maka ekonomi mengatur manusia untuk melakukan skala prioritas , sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhannya berdasarkan kebutuhan yang paling penting. Ekonomi juga lah yang akan mengatur perilaku pengelolaan pemakaian sumber daya serta pemenuhan kebutuhan manusia, dengan adanya pengelolaan akan terjadi keseimbangan antara pemakaian sumber daya dan jumlah kebutuhan, dikarenakan adanya efisiensi, sehingga manusia akan mencapai kemakmurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar