Hit the gas and there's ain't no brake on this lost highway . . . . .

Senin, 11 Oktober 2010

Badan Usaha Dalam Tata Ekonomi

Bisnis atau perusahaan merupakan sebuah lembaga usaha yang dijalankan oleh sekelompok orang maupun oleh individu untuk mendapatkan laba atau keuntungan dengan mengahasilkan produk ataupun menjual barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumennya dengan mengolah berbagai sumber – sumber ekonomi. Oleh karenanya, untuk memenuhi tujuan bisnis diatas, maka suatu perusahaan sangatlah memerlukan sumber – sumber ekonomi yang baik , diantaranya :
·         Manusia
Dengan memperhatikan betul sumber daya manusia yang ada , baik tenaga keja maupun sebagai konsumen, maka tujuan perusahaan akan tercapai.
·         Uang
Pengelolaan uang yang baik dan tepat, sebagai modal usaha untuk memproduksi barang dan jasa akan sangat membantu kemajuan suatu perusahaan
·         Material
Ketersediaan bahan baku, bahan pendukung dan bahan lainnya sebagai faktor pendukung produksi sangatlah menunjang kehidupan perusahaan tersebut.
·         Metode
Meliputi inisiatif ataupun ide yang menciptakan proses produksi yang optimal dimana keadaan sumber daya yang dimiliki perusahaan sedang terbatas.
·         Kewirausahaan
Pengelolaan perusahaan selain memerlukan sumber ekonomi diatas, tetapi juga memerlukan dukungan jiwa kewirausahaan yang baik untuk memimpin dan mengambil kebijakan yang tepat untuk menjalankan perusahaan.
Perkembangan suatu perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar juga dapat berdampak pada perekonomian suatu negara, hal ini disebabkan karena khususnya perusahaan kecil atau atau usaha padat karya , dapat menyerap banyak sumber daya manusia yakni sebagai tenaga kerjanya. Hal ini mengakibatkan adanya pemerataan pendapatan masyarakat di daerah, mengurangi jumlah pengangguran, dan meningkatkan keproduktivitasan sumber daya manusia yang ada. Kemudian, dalam jangka panjang, perusahaan juga akan meningkatkan perubahan pada struktur perekonomian, khususnya di daerah.
Untuk itu, pemerintah beserta perusahaan baiknya dapat menjalin hubungan kerja sama yang kuat, guna untuk membangun  dan mengembangkan perekonomian negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar