Hit the gas and there's ain't no brake on this lost highway . . . . .

Minggu, 14 November 2010

KUR Perteguh Ekonomi Rakyat

         Usaha kecil dan menengah , khususnya industri rumahan, merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menguatkan fundamental ekonomi rakyat. Beranjak dari pandangan demikian, berbagai program yang disosialisasikan pemerinntah selama ini, berorientasi  kepada pemberdayaan masyarakat, harus dipandang sebagai upaya kongkret dalam mengukuhkan fundamental ekonomi di sektor riil. Salah satu program pemerintah yang berhubungan langsung dengan upaya bangsa ini mengahadapi krisis adalah KUR ( Kredit Usaha Rakyat ).
            Program ini, dirasakan sangat membantu rakyat dalam mempertahankan pergerakkan ekonomi secara fundamental. Esensinya adalah, program KUR sejak awal di peruntukkan bagi menolong rakyat. Karenanya, pelakasanaannya harus berlangsung lancer, tidak terganggu oleh hambatan yang tidak perlu. Kita yakin kebijakan KUR ini merupakan salah satu solusi dalam upaya mengatasi krisis, bila mengimplentasikan secara benar. Untuk itu, kita mendorong dan mendukung peningkatan KUR.
            Untuk menciptakan kondisi terbaik bagi penguatan fundamental ekonomi bangsa, kita percaya, penyaluran dan pemanfaatan KUR dengan benar, dan disertai disiplin membayar kredit secara tepat,akan lebih kuat memberdayakan usaha kecil dan menengah, sehingga tercapainya ekonomi bangsa yang kuat di tengah krisis global.
            Dapat terlihat bahwa bangsa Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi yang tentunya juga di alami oleh bangsa – bangsa di dunia pada umumnya. Namun, bangsa Indonesia tetap memiliki keberanian dlam menghadapi krisis ekonomi tersebut. Di sini, nilai – nilai luhur Pancasila sebagai idiologi terbuka ditetapkan oleh rakyat Indonesia, khususnya peemerintah dengan pembukaan wacana, yakni pemerintah berhasil menggagas suatu program ekonomi yang berorientasi dan berpihak kepada rakyat Indonesia.
            Sistem atau program yang disebut KUR ini, ialah program yang telah dihasilkan pemerintah, untuk membantu rakyat Indonesia, khususnya pengusaha usaha kecil dan menengah, yang berada pada ekonomi sector riil, agar dapat bertahan dalam terpaan krisis ekonomi global yang dapat menghancurkan bangsa Indonesia itu sendiri. Namun, bangsa Indonesia yang berpegang teguh pada nilai – nilai luhur Pancasila sebagai idiologi yang terbuka yang bersifat dinamis, actual fleksibel dan antisipatif. Sehingga bangsa Indonesia dalam hal ini pemerintah Indonesia dituntun untuk merealisasikan nilai – nilai Pancasila ke dalam bentuk nyata dalam kehidupan sehari – hari, yakni menciptakan program – program ekonomi yang bersifat adil dan berpihak pada rakyat, seperti program KUR dalam hal ini, sehingga bangsa Indonesia mampu memecahkan masalah – masalah baru dalam krisis global saat ini, dan menjadi bangsa yang besar dan terpandang oleh bangsa – bangsa lainnya di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar