Hit the gas and there's ain't no brake on this lost highway . . . . .

Sabtu, 20 November 2010

Pemasaran

Pengertian pemasaran meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun potensial.
            Sedangkan pengertian pasar adalah sasaran atau tujuan dari pemasaran suatu produk atau barang. Pasar atau konsumen dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni konsumen akhir (pasar konsumen) dan pasar bisnis (pasar industri). Dimana pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi dan bukannya untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan pasar bisnis adalah pasar yang terdiri dari individu-individu atau organisasi yang membeli barang untuk diproses lagi menjadi barang lain dan kemudian dijual. Berdasarkan pengertian tersebut, sebagai contoh maka petani digolongkan kedalam pasar bisnis, sebab mereka membeli barang digunakan untuk diproses lebih lanjut menjadi barang-barang hasil pertanian. Selengkapnya mengenai jenis – jenis pasar ialah :
  1. Pasar Konsumen :
Sekolompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut
  1. Pasar Industri :
Pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik lansung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual
  1. Pasar Penjual :
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba
  1. Pasar Pemerintah :
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti : departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain

            Konsep Pemasaran atau anggapan yang dipercaya oleh suatu perusahaan sebagai dasar dari setiap kegiatannya dalam melayani konsumen terdiri dari :
1.    Konsep Produksi
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi bahwa konsumen akan memebeli produk – produk yang murah, sehingga perusahaan akan focus dalam efisiensi biaya
2.    Konsep Produk
Anggapan pemasar bahwa konsumen menghendaki produk – produk yang berkualitas dan berpenampilan baik, sehingga perusahaan focus pada pengendalian kualitas
3.    Konsep Penjualan
Anggapan pemasar yang berorientasi bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat untuk mencapai profit maksimum. Sehingga perusahaan akan berfokus dalam usaha – usaha peningkatan penjualan dan promosi yang intensif agar mampu membujuk konsumen.
4.    Konsep Pemasaran
Anggapan pemasar yang berorientasi bahwa konsumen hanya akan bersedia  membeli produk – produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan, sehingga focus perusahaan  adalah memenuhi kepuasan pelanggannya.
5.    Konsep Pemasaran yang Berwawasan Sosial
Anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk – produk yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, namun juga kesejahteraan lingkungan sosial konsumen, sehingga perusahaan akan berusaha memenuhi kebutuhan serta memperbaiki hubungan atau relasi antara produsen dan masyarakat.
6.    Konsep Pasar
Anggapan pemasar yang beorientasi bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang mampu bersaing untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Sehingga perusahaan akan berfokus pada pemahaman perilaku konsumen dan juga perilaku pesaing – pesaingnya unuk mengatasi persaingan.



Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Ø  Product (Produk).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.


Ø  Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.

Ø  Promotion (Promosi)
Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

Ø  Saluran Distribusi (Place)
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
                       
                        Adapun tujuan sistem pemasaran ada tiga :
a.    Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum
b.    Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalahmemaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
c.    Memaksimumkan Mutu Hidup
Memaksimumkan Mutu Hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur

Dalam mempelajari pemasaran ada beberapa pendekatan ,yakni :
v  Pendekatan Serba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar
v  Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb
v  Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
v  Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
v  Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar